Ini Harapan Menteri PPPA Terhadap Pulau Hiri

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI, Yohana Yembise menyebut Pulau Hiri sebagai pulau pertama di Indonesia bahkan di dunia yang ditetapkan sebagai Pulau Menuju Layak Anak.

Kepada sejumlah wartawan, Menteri perempuan asal Papua itu mengatakan, Pulau Hiri merupakan pulau pertama di Indonesia yang dideklarasikan sebagai Pulau Menuju Layak Anak dengan 24 indikator yang harus dipenuhi oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate.

”Pulau Hiri merupakan pulau pertama di Indonesia yang saya deklarasikan Menuju Pulau Layak Anak,” kata Yembise saat menghadiri Deklarasi Pulau Hiri Menuju Pulau Layak Anak di Kelurahan Togolobe Kecamatan Pulau Hiri, akhir pekan lalu.

Menteri Yambise mengaku sangat terkesan karena baru pertama kali, Kecamatan Hiri dilounching sebagai pulau layak anak, “dan ini pertama kali terjadi di Indonesia, bahkan di dunia, karena saya telah hadir pada acara konfrensi internasional baik di negara-negara muslim maupun negara lain, belum ada lounching suatu pulau menuju layak anak,” kata Yembise.

Menurutnya, hal ini merupakan sebuah kebanggan besar bagi masyarakat Kota Ternate yang memiliki Pulau Hiri sebagai model di Indonesia bahkan di dunia, “saya berjanji akan menyampaikan kepada dunia, jika ada prentasi, bahwa Kementerian PPPA, sudah melounching salah satu pulau di Maluku Utara menuju pulau layak anak,” kata Yembise.

Dia meminta pemerintah baik di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan bahkan di tingkat Kelurahan harus fokus pada pemenuhan hak-hak anak seperti pendidikan, kesehatan, sarana bermain hingga sarana olahraga yang representatif.

”Segala pemenuhan hak anak harus dipenuhi pemerintah dari tingkat atas hingga bawah, sehingga percepatan pembangunan yang berkeadilan dapat diwujudkan,” pungkas Yembise.

Sumber Berita: http://indotimur.com